KEBIJAKAN MUTU
A. Tata Kelola Organisasi dan Manajemen
Pendidikan di SMK Negeri Babirik diharapkan terselenggara sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen mutu dengan struktur organisasi yang efisien, serta organisasi yang lengkap dan fungsi-fungsi yang jelas dan rasional, di bawah kepemimpinan yang memegang teguh amanat sebagai agen pemberdayaan untuk seluruh lapisan masyarakat melalui pendidikan, dan bekerja secara terencana. Untuk itu diperlukan hal-hal sebagai berikut.
1) Sistem Pengelolaan Dana yang mampu menjamin kelancaran pelaksanaan pembelajaran, sehingga mampu mendukung program pengembangan institusi secara berkelanjutan.
2) Monitoring dan Evaluasi Diri secara konsisten, jujur dan terbuka, yang hasilnya digunakan sebagai usulan untuk peningkatan kinerja layanan berikutnya, sehingga dapat menjamin keberlanjutan peningkatan mutu akademik.
3) Sistem dan Teknologi Informasi yang digunakan cukup handal serta mampu menjamin terpenuhinya kebutuhan pengguna, terkait dengan kemudahan akses dan relevansi yang tinggi dari informasi yang dihasilkan dalam pemanfaatannya.

B. Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur
Kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur di SMK Negeri Babirik diharapkan mampu mendukung tercapainya visi dan misi SMK Negeri Babirik sesuai rencana. Untuk mencapai hal ini mutlak diperlukan:
1) Sumber Daya Manusia yang profesional untuk mengemban amanah sebagai pengelola pembelajaran, disertai dengan bekal kemampuan akademik yang tinggi serta handal sesuai bidang tugas dan keahliannya.
2) Infrastruktur dan Fasilitas Akademik yang mampu memenuhi, bahkan melampaui standar layanan berkualitas, mencakup kenyamanan, keamanan dan keandalan yang baik, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya.

C. Peserta Didik dan Lulusan
Peserta didik SMK Negeri Babirik sebagai input dalam proses pendidikan diharapkan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar serta memiliki karakter yang baik selama proses pembelajaran. Setelah peserta didik menyelesaikan proses pendidikan, sebagai lulusan SMK Negeri Babirik, mereka seharusnya juga mampu membangun jejaring (network) dengan sesama alumni, dan secara berkelanjutan memberikan kontribusi dalam pengembangan almamater. Untuk mencapai hal ini mutlak diperlukan:
1) Sistem manajemen seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang handal dan transparan, sehingga calon peserta didik dapat direkrut dari putra-putri terbaik Hulu Sungai Utara, baik dalam hal prestasi akademik dan non-akademik maupun hal yang terkait dengan kepribadian.
2) Peraturan akademik yang jelas serta penegakan etika kehidupan sekolah secara konsisten.
3) Pemberian kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan kepribadian melalui kegiatan ekstra kurikuler dalam wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
4) Penyediaan fasilitas fisik maupun non-fisik bagi alumni untuk membangun jejaring antar mereka.

D. Kurikulum dan Proses Pembelajaran
Kualitas lulusan SMK Negeri Babirik diharapkan mampu bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Untuk mencapai hal ini mutlak diperlukan:
1) Kurikulum yang merujuk pada standar kurikulum nasional (baik Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 2013) yang terus dikembangkan, dimutakhirkan dan disesuaikan dengan kondisi sumberdaya internal serta kondisi sosial budaya bangsa Indonesia secara konsisten. 
2) Penerapan kurikulum dengan cara yang tepat, melalui manajemen pembelajaran yang orientasinya memberdayakan dan menjadikan peserta didik sebagai pembelajar aktif.
3) Proses pembelajaran yang dilaksanakan secara disiplin dan konsisten sesuai dengan rencana, dan pencapaian kompetensi yang sesuai dengan spesifikasi kompetensi keahlian dapat terukur dengan jelas.